Ilustrasi Kiat Berolahraga sambil Nonton Film di Rumah. (Foto: Thinkstock/Minerva Studio)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sofa nyaman nan empuk yang ada di depan televisi bisa jadi tempat berbahaya karena mengundang seseorang untuk duduk berlama-lama menikmati tontonan hingga berjam-jam.

Akibat dari kurang bergerak, bisa meningkatkan risiko penyakit, termasuk penyakit jantung.

Spesialis Kedokteran Olahraga, dr Andi Kurniawan  SpKO, memberikan kiat berolahraga sambil menonton film di rumah dengan cara mengganti sofa dengan sepeda statis atau mesin lari (treadmill).

“Kita bisa berinvestasi beli sepeda (statis) atau treadmill yang ditaruh di depan TV, jadi bisa bergerak sepanjang menonton TV atau film,” kata Andi, dilansir dari Antara.

Ia menambahkan, bukan cuma televisi, berlama-lama duduk di depan komputer selama bekerja dari rumah membuat seseorang kurang bergerak dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Itulah mengapa, salah satu cara mengakali agar bisa lebih aktif bergerak di rumah dengan mengatur agar berbagai kegiatan bisa dilakukan sambil berolahraga secara ringan.

Bila tak punya sepeda statis atau mesin lari, seseorang juga bisa menikmati tontonan di televisi atau komputer sambil aktif melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan agar tubuh tetap fit.

LEAVE A REPLY