Ilustrasi Gaya Hidup Pengaruhi Seseorang Pakai Narkoba. (Foto: Ist)

ZNEWS.ID JAKARTA – Psikolog dari Universitas Indonesia, Kasandra A Putranto, mengatakan bahwa gaya hidup yang buruk dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kecenderungan seseorang untuk menggunakan, bahkan hingga kecanduan narkoba.

“Gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup yang kacau, misalnya karena pengangguran, kesulitan keuangan, melakukan kejahatan, dan hubungan sosial yang berpusat di sekitar penggunaan narkoba,” ujar Kasandra dilansir dari Antara.

Dia menambahkan, jejaring sosial yang dimiliki seseorang juga memainkan peran kunci dalam menentukan jenis gaya hidup yang dijalani.

Oleh karenanya, tingkat penggunaan obat-obatan terlarang di jejaring sosial juga dapat memengaruhi tingkat penggunaan oleh seseorang individu. Selain itu, faktor keluarga juga dapat memengaruhi.

“Faktor-faktor seperti tekanan teman sebaya, pelecehan fisik dan seksual, paparan dini terhadap obat-obatan, stres, dan bimbingan orang tua dapat sangat memengaruhi kemungkinan seseorang menggunakan dan kecanduan narkoba,” katanya.

“Gejala depresi seperti suasana hati yang buruk juga dapat menyebabkan seseorang menyalahgunakan obat-obatan,” tambah dia.

Menurut Kasandra, mengonsumsi narkoba pada usia berapa pun dapat menyebabkan kecanduan. Semakin dini penggunaan narkoba dimulai, maka semakin besar kemungkinannya untuk berkembang menjadi kecanduan.

“Hal ini terutama bermasalah bagi remaja. Karena area di otak mereka yang mengontrol pengambilan keputusan, penilaian, dan pengendalian diri masih berkembang, remaja mungkin sangat rentan terhadap perilaku berisiko, termasuk mencoba narkoba,” ujar Kasandra.

BACA JUGA  Upaya Bebaskan WNI dari Hukuman Mati

LEAVE A REPLY