Ucapan selamat Tahun Baru Maori. (ANTARA/HO-Kedubes Selandia Baru di Jakarta)

Oleh: Kevin Burnett (Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia)

ZNEWS.ID JAKARTA – Aoteaora Selandia Baru pada Jumat (24/6/2022), secara resmi merayakan hari Matariki. Ini adalah pertama kalinya Selandia Baru secara resmi mengakui Te Ao Māori atau dunia Māori dengan menjadikan hari tersebut sebagai hari nasional sekaligus hari libur umum.

Matariki merupakan hari yang istimewa dan salah satu keunikan di Selandia Baru. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk mengakui tikanga Māori atau budaya dan adat Māori serta merayakan identitas bangsa Selandia Baru.

Bagi warga Selandia Baru, Matariki adalah waktu untuk mengenang masa lalu, merayakan apa yang kita miliki, dan menatap masa depan. Untuk semua iwi atau suku Māori, pentingnya Matariki diungkapkan melalui peribahasa dan lagu yang menghubungkannya dengan bintang terang Whānui atau Vega.

Potongan lirik lagu itu berupa “Ka puta Matariki ka rere Whānui, Ko te tohu tēnā o te tau e!” mengartikan “Matariki telah muncul kembali, Whānui memulai penerbangannya. Ini Menjadi tanda tahun baru!”.

Matariki atau “Ngā Mata o te Ariki Tāwhirimātea ‘mata dewa Tāwhirimātea” mengacu pada gugusan besar bintang yang umumnya dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Pleiades. Ini adalah konstelasi yang mempunyai arti penting bagi banyak budaya di seluruh dunia.

Di Selandia Baru, Matariki biasa terlihat rendah di cakrawala timur laut, di ekor Bima Sakti, tepat sebelum fajar di pertengahan musim dingin. Menurut kalender lunar tradisional Māori, Maramataka, tahun baru dimulai dengan kemunculan kembali gugusan bintang Matariki.

Merayakan Masa Kini

Pernyataan “Ngā kai a Matariki, nāna i ao ake ki runga” mengartikan “Makanan Matariki, disendokanya”. Seperti kemunculan kembali bintang Matariki di langit malam yang menandai awal tahun baru bagi warga Selandia baru, dengan gembira pemerintah menyampaikan perbatasan Selandia Baru akan dibuka kembali untuk semua pengunjung mulai pukul 23.59 pada 31 Juli 2022.

BACA JUGA  PM Selandia Baru Ikut Peringati Dua Tahun Penembakan 51 Jamaah Masjid An Noor

LEAVE A REPLY