Ilustrasi Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sebentar lagi umat Islam akan melaksanakan hari raya yang kedua, yakni Idul Adha yang jatuh pada 10 Zulhijah. Pada hari tersebut hingga 3 hari setelahnya atau yang disebut dengan hari tasyrik, umat Islam dianjurkan untuk berkurban.

Walaupun kurban bukanlah ibadah yang bersifat wajib, tapi ibadah kurban termasuk sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada ummatnya. Terlebih, ibadah kurban juga mengandung banyak sekali hikmah dan manfaat.

Sebagai umat Islam, kita tentu ingin meneladani Rasulullah dan menjalankan seluruh sunahnya agar mendapat banyak keutamaan kelak di akhirat.

Berikut beberapa ayat Al-Qur’an dan hadis tentang perintah melaksanakan kurban agar kita bisa memahami dan memaknai ibadah kurban secara mendalam.

Dalil Al-Qur’an tentang Perintah Kurban

Ayat Al-Qur’an banyak membahas tentang kurban. Ibadah kurban memang telah dilaksanakan sejak zaman Nabi Ibrahim dan Ismail AS. Namun, kurban juga dilanjutkan oleh Rasulullah SAW hingga terus diajarkan kepada umat Islam. Berikut adalah dalil Al-Qur’an mengenai kurban.

  • Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

“Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (QS Al-Kautsar: 2)

Dalam surah Al-Kautsar ayat 2, disebutkan bahwa ibadah kurban adalah sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah setelah peringatan untuk melaksanakan salat.

Walaupun sebagai ibadah sunah, kurban juga menjadi sarana untuk kita kembali mengingat tentang Allah sebagai pecipta dan menguasai seluruh kehidupan manusia.

  • Bentuk Ketakwaan dan Ketundukan pada Allah SWT

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Mahaesa, karena itu berserahdirilah kamu kepada-Nya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.” (QS: Al-Hajj: 34)

BACA JUGA  Pengertian dan Manfaat Rukiah

LEAVE A REPLY