Ilustrasi i1.000 Hari Pertama Kehidupan. (Foto: unsplash/Echo Grid)

ZNEWS.ID JAKARTA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) merupakan masa emas perkembangan manusia  bagi masa depan yang produktif dan cerdas.

“Pada periode ini, terjadi proses perkembangan otak, pertumbuhan badan, perkembangan sistem metabolisme tubuh dan sistem pembentukan kekebalan tubuh yang begitu cepat,” kata Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Nopian Andusti, dikutip dari ANTARA.

Nopian menuturkan, 1.000 HPK merupakan masa yang dimulai sejak awal konsepsi (pembuahan) atau selama 270 hari masa kehamilan serta 730 hari setelah kelahiran (sampai anak berusia 2 tahun).

Dalam 200 hari sebelum terjadinya konsepsi (pembuahan), harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya seperti meminum vitamin yang mengandung asam folat, DHA, dan B3.

“Periode 1.000 HPK juga periode ’emas’ bagi anak untuk dibina dengan baik sehingga perkembangan berkembang secara optimal,” katanya.

Nopian menjelaskan, masa tersebut perlu dikawal seserius mungkin guna mencegah anak terkena stunting yang menjadi salah satu bagian dari double burden malnutrition yang berdampak merugikan dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas ekonomi.

Menurut dia, dalam jangka pendek, stunting berdampak pada perkembangan sel otak yang menyebabkan tingkat kecerdasan menjadi tidak optimal. Sementara, jangka panjang menyebabkan kemampuan kognitif anak rendah sehingga tidak produktif dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

BACA JUGA  ASI Eksklusif Cegah Anak Stunting

LEAVE A REPLY