Ilustrasi Amalan Istimewa Awal Zulhijah. (Foto: pinterest/Ilmfeed)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dalam hitungan hari, Zulhijah akan datang. Bulan yang kaya anjuran menunaikan amalan kebaikan. Ulama berpendapat bahwa sebab utama yang nampak jelas dari keutamaan hari istimewa ini adalah pada 10 hari Zulhijah adalah berkumpulnya semua induk ibadah pada satu waktu, yaitu salat, puasa, sedekah, dan haji (Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani dalam kitab Fathul Bari Jil 2/534).

1. Puasa

Ilustrasi puasa (Foto: iStock)

Umumnya yang biasa diketahui adalah menunaikan puasa di hari kesembilan Zulhijah atau yang dikenal dengan istilah puasa arafah. Dijelaskan dalam hadis dari Abi Qatadah RA beliau berkata: “Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, ‘Puasa itu menghapus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun berikutnya.’’ (HR Muslim)

Namun, perlu diketahui anjuran sunah tersebut tidak hanya berhenti sampai di situ. Puasa juga dianjurkan dilakukan di 10 hari pertama Zulhijah.

Dari Ibnu Abbas RA Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada satu amal saleh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal saleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama Zulhijah).” Para sahabat bertanya: ‘Tidak pula jihad di jalan Allah?’ Nabi SAW  menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun’.”  (HR Abu Daud)

Namun dengan catatan, puasa tidak boleh dilakukan setelah l 11 Zulhijah atau yang biasa disebut dengan Yaumul Qor.

At-Thabrani menyebukan tambahan riwayat dalam Musnad as-Syamiyin, Yaumul Qor adalah hari di mana manusia menetap (di mina), itulah hari setelah yaumun nahr. (Musnad as-Syamiyin, 475)

Keterangan lain juga disebutkan dalam Aunul Ma’bud, Syarh Sunan Abi Daud, Yaumul Qor adalah hari setelah Yaumun Nahr (hari kurban). Karena di hari itu, jemaah haji menetap di Mina, setelah mereka menyelesaikan tawaf ifadhah dan berkurban. Kemudian mereka beristirahat. (Aunul Ma’bud, 5/127)

BACA JUGA  Kurban Hewan Jantan atau Betina?

Ketika Yaumul Qor, tentu kita tidak boleh berpuasa. Karena termasuk hari tasyrik (11,12,13 Zulhijah). Yang bisa kita lakukan adalah memperbanyak zikir dan memuji Allah, serta sering-sering melantunkan takbiran.

LEAVE A REPLY