ZNEWS.ID JAKARTA – Hari kedua rangkaian kegiatan workshop yang dilaksanakan Sekolah Guru Indonesia di Yayasan Nurul Imam Islamic School mengangkat topik umum mengenai management class dengan subtopik “Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan”, Rabu (18/5/2022).

Guru Asep Ihsanudin sebagai trainer dari Sekolah Guru Indonesia memulai materi dengan pertanyaan perihal masalah yang sering dihadapi guru di kelas. Peserta yang terdiri dari guru TK, SD, PJOK, dan Tahfiz itu menuliskan beragam keresahan yang selama ini dirasakannya.

Selanjutnya, mereka saling curah pendapat perihal solusi yang paling mungkin diterapkan. Kemudian, Guru Asep membedah permasalahan pembelajaran dalam tiga aspek yakni psikologi, metodologi, dan komunikasi.

Lebih rincinya, psikologi berkaitan dengan ketulusan dan kesungguhan seorang guru dalam mengampu kelasnya. Hadir penuh dan sadar utuh dibarengi dengan persiapan matang dalam mengajar menunjukkan kesungguhan guru dalam mengajar.

Hal itu, kata Asep, dapat menularkan energi postif bagi peserta didik untuk menyimak materi yang disampaikan gurunya.

Berkaitan dengan penyampaian materi, hal penting dan masih sering menjadi masalah pembelajaran di kelas yaitu perihal metodologi. Pemilihan metodologi sesuai dengan kondisi kelas dan karakter peserta didik menjadi keterampilan yang harus dimiliki guru.

Asep mengatakan, .mengeksplore banyak hal untuk menghidupkan suasana menjadikannya menyenangkan dan candu dalam belajar. Di sisi lain, konten materi dan metodologi terbaik yang sudah dipilih perlu disampaikan dengan cara komunikasi yang tepat.

BACA JUGA  Wisuda SMT-SGI M Lead dan Soft Launching Kolaborasi Guru Pemimpin

LEAVE A REPLY