Kompleks Candi Muaro Jambi. (Foto: instagram.com/lacultureindo)

ZNEWS.ID JAMBI – Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Candi Muaro Jambi di Provinsi Jambi yang berdiri sejak abad 7 hingga 12 Masehi menjadi perguruan tinggi tertua di Indonesia dan terluas di Asia.

Kawasan itu memiliki luas 3.981 hektare, setara dengan delapan kali luas Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi Muaro Jambi membentang sepanjang 7,5 kilometer dari barat ke timur tepian Sungai Batanghari, sebagai sungai terpanjang di Sumatra.

Kompleks Candi Muaro Jambi terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di tepi Sungai Batanghari, sekitar 26 kilometer timur Kota Jambi. Lokasinya  mencakup delapan desa, yakni Muara Jambi, Dusun Baru, Dusun Mudo, Danau Lamo, Tebat Patah, Teluk Jambu, Kemingking Dalam, dan Kemingking Luar.

Kepala Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi Agus Widiatmoko, mengatakan bahwa Candi Muaro Jambi disebut sebagai kompleks percandian karena terdapat puluhan menapo (tumpukan batu berstruktur candi) di kawasan itu.

Namun, hingga saat ini yang sudah dipugar sembilan candi, di antaranya Candi Gumpung, Kedaton, Koto Mahligai, Astano, Kembar Batu, Gedong Satu, Gedong Dua, dan Telago Rajo.

Di kompleks percandian itu juga terdapat kanal kuno, gundukan tanah yang di dalamnya terdapat susunan bata kuno dan kolam penampungan air. Terdapat pula temuan beberapa arca, di antaranya Prajaparamita, Gajahsimha, umpak batu, Dwarapala, dan lesung batu.

Pada masanya, Candi Muaro Jambi merupakan pusat pendidikan umat Hindu-Buddha. Hal tersebut terlihat dari bentuk bangunan yang dikelilingi pagar setinggi 1-1,5 meter.

Diketahui dari tulisan biksu yang dikenal dengan sebutan I Tsing. Dalam perjalanan menuju Nalanda (pusat pembelajaran agama Buddha) di India, ia sempat singgah di Melayu, yaitu di Jambi, untuk memperdalam bahasa Sansekerta.

BACA JUGA  Lore Lindu, Situs Megalitikum yang Dinanti Jadi Warisan Dunia

Hingga saat ini, Candi Muaro Jambi masih kerap dikunjungi biksu dari berbagai negara, terutama saat perayaan Waisak.

LEAVE A REPLY