Ilustrasi Cara Jaga Kondisi Motor Tetap Prima Usai Perjalanan Jauh. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Keseruan momen Lebaran saat mengunjungi rumah sanak saudara atau pulang ke kampung halaman, membuat banyak orang rela berkendara menempuh jarak hingga puluhan atau bahkan ratusan kilometer.

Namun, setelah dipakai perjalanan jauh, sepeda motor memerlukan beberapa langkah perawatan agar kondisinya kembali prima. Dan, siap dipakai untuk bekerja seperti biasa.

“Pengecekan untuk sepeda motor yang telah melakukan perjalanan jauh tidak semata-mata hanya untuk menjaga performa sepeda motor untuk tetap optimal, namun juga dapat menjaga keselamatan pengendara dalam menggunakan sepeda motor kesayangannya,” kata Technical Service Division AHM, Endro Sutarno, dilansir dari Antara.

Berikut tujuh cara jaga kondisi motor menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM):

1. Mencuci Motor

Setelah sepeda motor menempuh jarak jauh, tidak dimungkiri bahwa kotoran akan menempel di body atau bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti area bawah motor atau area mesin.

Untuk menghindari kerak yang menempel pada sepeda motor, maka sebaiknya segera dicuci. Bilas seluruh bagian motor terlebih dahulu untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel, lalu usap seluruh bagian motor dengan sabun khusus sepeda motor dan spon lembut.

Untuk bagian yang sulit dijangkau dapat menggunakan sikat. Setelah itu bilas kembali motor dengan air bersih dan lap hingga mengering.

BACA JUGA  Jelang Puncak Haji, Jemaah Diimbau Tidak Lakukan Perjalanan Jauh

LEAVE A REPLY