Ilustrasi. (Foto: en.shafaqna.com)

Oleh: Avicenna M Andiya (Alumni Bakti Nusa 10)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kita telah berpisah dengan bulan suci Ramadan 1443 H. Lalu, ingatkah kita apa saja yang telah kita lakukan selama sebulan?

Ingatkah kita, saat sedang berjibaku dengan berbagai kerjaan, tiba-tiba ada teman yang menghampiri kita. Awalnya, kita hanya sedikit susahnya pekerjaan yang sedang kita hadapi. Kita membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Namun, tanpa kita sadari, terselip omongan tentang atasan hingga rekan kerja lainnya. Seolah, gibah menjadi energi untuk menyelesaikan pekerjaan yang sulit.

Ingatkah kita, ketika sedang dalam mengurus pekerjaan atau dalam perjalanan, berkumandang azan. Awalnya, kita sempat tergerak ingin segera ke rumah Allah.

Akan tetapi, dengan mudahnya kita memutuskan untuk menunda acara tepat dengan dorongan satu kata ajaib. ‘Nanggung’, kata ajaib yang menjadi pembenaran kita, Nanggung, sebentar lagi selesai, Nanggung sebentar lagi sampai rumah.

Alhasil, ketika tetap bersikukuh melanjutkan kegiatan, ternyata kita terbuaikan dengan kegiatan itu. Hingga waktu itu berubah menjadi satu jam atau bahkan dua jam.

Ingatkah kita, ketika ingin beristirahat di akhir pekan, merebahkan badan melepas penat dan mengantuk. Istirahat dulu, setelah itu semangat kejar target tilawah. Awalnya, hanya satu hingga dua jam.

BACA JUGA  Biar Tetap Bugar, Ini Olahraga yang Direkomendasikan Selama Ramadan

LEAVE A REPLY