ZNEWS.ID JAKARTA – Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap, serta apresiasi pada siswa.

Selasa (17/5/2022), sebanyak 43 guru TK dan SD Nurul Imam Islamic School mengikuti kegiatan “Workshop Management Class” bersama Sekolah Guru Indonesia. Materi tersebut disampaikan oleh Guru Wahyu.

Ia menyampaikan pentingnya seorang guru membuat display kelas yang menarik dan bermanfaat. Hal tersebut karena lingkungan belajar yang dirancang dengan seni dan direncanakan dengan cermat dapat menunjang 25% kualitas pembelajaran.

Beberapa fungsi display kelas di antaranya sebagai tempat menempelkan karya, sebagai bentuk penghargaan pada siswa, meningkatkan motivasi belajar, hiasan kelas, alat bantu pembelajaran, dan pengingat suatu materi. Oleh sebab itu, kelas lebih baik dipenuhi dengan display yang bermanfaat bagi pembelajaran, daripada dibiarkan bersih tanpa hiasan apapun.

Selama ini, masalah yang sering dihadapi oleh guru dalam men-display kelas adalah kekurangan waktu dan banyak siswa jahil pada hasil karya yang sudah dibuat. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan membuat peraturan bersama siswa.

Selain itu, karya yang dibuat untuk display kelas yang sering disalahartikan adalah hasil karya guru seorang. Padahal, dalam men-display kelas, guru dapat bekerja sama dengan siswa. Dengan seperti itu, bukan hanya guru yang pekerjaannya menjadi ringan, tapi siswa senang karena mereka turut dilibatkan membuat kelas menjadi ramai.

Guru Wahyu menjelaskan terdapat tiga tahapan dalam men-display, yakni perencanaan, pembuatan, dan pemasangan. Hal yang harus diperhatikan guru sebelum mendisplay adalah mampu membedakan keinginan dan kebutuhan peserta didik.

BACA JUGA  Cara Mendidik Anak agar Mau Salat sejak Dini

Hal ini dilakukan agar display kelas yang dihasilkan dapat benar-benar efektif. Sehingga, guru bisa memahamkan peserta didik tujuan dari display kelas bukan hanya sebagai hiasan biasa, namun, sebagai kegiatan yang membangun kedisiplinan juga pengetahuan. (pendidikan.org)

LEAVE A REPLY