Ilustrasi Tips Mengemudi bagi Pemula. (Foto: Shutterstock/Anze Mulec)

ZNEWS.ID JAKARTA – Mengemudikan mobil tidak sesulit yang dibayangkan. Meskipun terlihat rumit jika diperhatikan. Bagi pemula yang ingin belajar mengendarai mobil, saat ini sudah banyak kursus mengemudi atau latihan yang diselenggarakan secara gratis oleh lembaga tertentu.

Meski demikian, pemula terlebih dahulu harus mengenali terlebih dahulu teknik dasar yang harus dikuasai. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips mengemudi bagi pemula:

1. Pahami Jenis Mobil yang Digunakan

Bagi pemula yang hendak belajar mengemudi, sebaiknya pahami dulu jenis mobil yang akan digunakan untuk belajar. Hal ini untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan mobil yang akan digunakan. Misalkan, jika menggunakan mobil jenis matic, maka tidak serumit manual.

2. Lebih Baik Belajar dari Manual

Jika ingin belajar mengemudi mobil, alangkah baiknya jika dimulai dengan jenis mobil manual. Meskipun terkesan lebih rumit dari matic, namun ke depan akan memudahkan kamu saat disuguhkan jenis matic ataupun manual.

3. Lebih Baik Dipandu Instruktur

Meskipun belajar mengemudi cukup mudah bagi sebagian orang. Namun, akan lebih baik jika saat belajar dipandu instruktur baik dari lembaga kursus ataupun pelatihan gratis suatu lembaga. Karena, akan sangat berbahaya jika anda belajar sendiri dan langsung berkendara di jalan raya.

4. Asah Insting dan Feeling

Insting dan feeling sangat berguna saat kamu mengendarai mobil. Sehingga, kamu bisa memperkirakan jarak mobil dengan sekitarnya. Hal ini tentu tidak bisa instan. Namun, harus dengan latihan rutin yang membuat kamu menjadi terbiasa.

5. Kuasai Pengendalian Rem, Gas, dan Gigi

Dalam mengemudikan kendaraan, komponen paling penting yaitu pengendalian rem, gas, dan gigi (perseneling). Sehingga, hal pertama yang harus dikuasai yaitu memahami penggunaan rem, gas, dan gigi. Jika sudah bisa mengendalikan penggunaannya, maka kamu siap untuk berkendara. (institutkemandirian.org)

LEAVE A REPLY