Ilustrasi Tips agar Mobil Tetap Prima Usai Tempuh Perjalanan Jauh. (Foto: Getty Images)

ZNEWS.ID JAKARTA – Aktivitas mudik biasanya membuat mobil harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, ditambah beragam kondisi jalan yang tak selalu mulus. Hal itu tentu akan memengaruhi kondisi mobil.

“Anda harus melakukan pengecekan dan perawatan untuk memastikan mobil tetap prima dan siap digunakan,” kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi, dilansir dari Antara.

Bambang menjelaskan, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan eksterior dan interior agar tetap berkilau. Misalnya, dengan mencuci mobil menggunakan shampo mobil, menghilangkan baret dengan compound, membersihkan sisa makanan dan minuman, vacuum seluruh interior, lap panel, dan pasang pengharum.

Kedua, cek komponen mesin, transmisi, gardan, dan rem. Pastikan tidak ada tetesan atau kebocoran oli, cairan tidak berubah warna, dan perhatikan level cairan di antara min-max.

Ketiga, cek kondisi aki. Pastikan level cairan aki cukup bagi yang menggunakan aki basah, casing tidak retak atau menggelembung, dan tidak ada korosi di terminal negatif.

Keempat, cek bagian kelistrikan seperti bohlam indikator pada odometer, kelayakan kondisi kabel, dan pastikan tidak ada benda asing yang menempel pada komponen.

Terakhir, cek kondisi kaki-kaki dan ban. Pastikan karet tidak sobek dan tidak ada baut yang kendur, tekanan angin pada ban cukup, tidak ada baret dan benjolan, lalu bersihkan ulir ban dari kerikil yang terselip.

“Langkah-langkah tersebut dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah. Namun, jika tidak ingin repot, Anda dapat mengunjungi bengkel resmi,” kata Bambang.

LEAVE A REPLY