Ilustrasi: Dompet Dhuafa Kaltim menyalurkan zakat fitrah untuk masyarakat yang ada di di Desa Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara. (Foto: DD Kaltim)

ZNEWS.ID JAKARTA – Lembaga filantropi Dompet Dhuafa berkomitmen menyalurkan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF) kepada masyarakat yang membutuhkan turut mengambil peran dalam momentum Ramadan 1443 H. Hal itu bisa dilihat dengan torehan penyaluran dana ZISWAF di 28 provinsi dengan total penerima manfaat sebanyak 214.130 jiwa.

Ramadan tahun ini, Dompet Dhuafa berhasil mengelola dana sebesar Rp35.680.368.219 dari pada donatur. Baik perorangan, perusahaan, dan lain-lain. Amanah tersebut berhasil dikelola secara efisien melalui berbagai program Dompet Dhuafa.

Di antaranya, Food for Dhuafa (25.776 jiwa), Sedekah Qur’an (3.794 jiwa), Berbagi Sahur (1.345 jiwa), Bedah dan Bebersih Masjid (8 masjid), Sebar Paket Takjil (14.498 jiwa), Grebek Kampung Ramadan (815 jiwa), Sebar Paket Berbuka (13.576 jiwa), Borong Dagangan Mustahik (969 jiwa), Tebar Zakat Fitrah (116.547 jiwa), Layanan Kesehatan (3.978 jiwa), Santunan Yatim Dhuafa (3.183 jiwa), Event Kajian dan Pendidikan (13.796 jiwa), THR Guru dan Guru Ngaji (166 jiwa), Posko Mudik Terpadu (9.414 jiwa), serta berbagai program produktif lainnya (6.492 jiwa).

“Alhamdulillah, pada Ramadan 1443 H kali ini Dompet Dhuafa sudah mulai mendistribusikan apa yang diamanahkan oleh para donatur kepada mereka yang membutuhkan sejak hari pertama Ramadan. Ini adalah bentuk komitmen Dompet Dhuafa atas kepercayaan yang sudah diberikan,” jelas Etika Setiawanti, Direktur Resource Mobilization Dompet Dhuafa.

“Sampai akhir Ramadan pun, kami berhasil menyalurkan kebaikan tersebut melalui seluruh jaringan kami di seluruh Indonesia agar manfaatnya sampai ke pelosok negeri,” imbuhnya.

Kepercayaan yang diberikan oleh para donatur menjadi dorongan positif bagi Dompet Dhuafa untuk terus #JadiManfaat dengan jangkauan yang seluas-luasnya. Dompet Dhuafa selalu menganggap kepercayaan yang diberikan oleh para donatur merupakan aset berharga bagi lembaga untuk bertahan sampai hari ini sejak 1993.

BACA JUGA  Sebaran Penerima Manfaat Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa Sumsel

“Semoga apa yang telah kita semua torehkan pada Ramadan kali ini tidak akan terputus untuk #JadiManfaat di hari-hari selanjutnya. Lebih jauh lagi, Dompet Dhuafa juga berharap berbagai kebaikan ini mampu menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terlibat dalam kebaikan-kebaikan lainnya yang akan datang. Dompet Dhuafa sangat terbuka dengan siapa pun yang memiliki visi kebaikan untuk saling berkolaborAksi bersama,” tutur Etika.

Oleh: Arlen

LEAVE A REPLY