(Foto: baktinusa.id)

Oleh: Ita Vera

ZNEWS.ID JAKARTA“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS An-Nisa: 32)

Kadang-kadang, kita iri dengan orang lain, baik karya maupun ketenarannya. Namun, Allah tidak meminta kita untuk hanya melihat iri, mengagumi, dan menjadi penonton saja. Jika ingin mendapat hal yang sama seperti orang-orang sukses di luar sana, ikutilah kerja kerasnya. Selain berusaha dengan sungguh-sungguh, jangan lupa selalu mengiringi kerja keras itu dengan doa yang tulus dan takwa yang menancap.

Berusaha dengan Sungguh-Sungguh seperti Mereka

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri …” (QS Ar-Ra’d: 11)

Allah hanya akan mengubah keadaan kita menjadi seperti apa yang kita impikan hanya jika kita telah ikhtiar semaksimal yang kita bisa, baik dengan cara membiasakan diri dengan hal-hal positif, mencoba berbagai aktivitas bermanfaat, serta meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk.

Jika selama hidup, kita hanya dibayang-bayangi oleh cita-cita dan impian namun enggan berikhtiar, semua itu hanya menjadi angan-angan kosong belaka. Terkadang, orang berlindung dengan kalimat “Itu bukan bakat saya” “Saya tidak ada kemampuan pada bidang tersebut” “Saya merasa tidak memiliki passion disana”, tanpa sadar kalimat-kalimat memaklumkan itu menahan kita meniti jalan kerja keras mewujudkan impian.

Menurut pendapat Malcolm Gladwell, penulis buku Outliers, “Seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu yang diinginkan setelah dia melakukan dan mempelajarinya dalam waktu 10.000 jam”. Maka, tidak ada kata tidak mampu atau mewujudkan cita-cita, yang hanya ada mau atau tidak mau menyediakannya.

BACA JUGA  Adab Membaca Al-Qur’an

Berdoa Diikuti dengan Niat dan Kepasrahan Taat

Tiap insan memang dianjurkan untuk memaksimalkan ikhtiar sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Akan tetapi, jangan sampai kita menuhankan usaha dan menomorduakan kuasa Sang Pencipta sehingga terjebak dalam budaya gila kerja atau budaya hiruk pikuk.

LEAVE A REPLY