Ilustrasi Komponen Motor yang Perlu Dicek Setelah Perjalanan Jauh. (Foto: motorcyclistonline.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Perawatan kendaraan kesayangan tidak hanya dilakukan pada saat hendak melakukan perjalan. Pemilik kendaraan sebaiknya melakukan perawatan setelah usai melakukan perjalanan jauh.

Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi, mengungkapkan bahwa langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah para pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan kondisi rantai-rantai kendaraan maupun CVT untuk kendaraan scootic.

“Hal lain yang harus dilakukan pengecekan pada saat-saat awal adalah kondisi oli (pelumas). Periksa kondisi volume, kekentalan dan perubahan warna oli. Hal ini karena beban kerja mesin dan tentunya oli yang cukup berat selama perjalanan jauh,” ungkap Hariadi, dikutip dari Antara, Kamis (19/5/2022).

“Segera lakukan pergantian oli apabila dengan berbagai indikator tersebut ada yang bermasalah, termasuk apabila masa pemakaian oli sudah habis,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Hariadi juga menuturkan bahwa pemilik juga harus melakukan pemeriksaan atau penggantian terhadap komponen seperti pemeriksaan filter udara dan filter oli. Serta, ketebalan kampas rem bagian depan dan belakang, serta area komstir atau kemudi yang berpotensi membuat berkendara tidak nyaman.

Pemeriksaan suspensi juga harus dilakukan setelah berkendara melewati jalanan cukup jauh, yang tentunya tidak sedikit yang berlubang atau bergelombang.

Terakhir, hal yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi ban dengan cara mengecek tekanan ban dan memperhatikan tampilan ban (sobek, berlubang, aus atau gundul).

BACA JUGA  9 Tips Aman Berkendara saat Menempuh Perjalanan Jauh

LEAVE A REPLY