PEKANBARU – Ratusan pengungsi Rohingya dari Aceh mulai dipindahkan ke Kota Pekanbaru pada hari ini,  Rabu (18/5/2022), dan ini merupakan pemindahan tahap pertama.

“Jadi pemindahan untuk tahap pertama rencananya besok sudah sampai di Kota Pekanbaru,” papar Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.

Para pengungsi Rohingya tersebut  diberangkatkan dengan penerbangan pertama dari Medan ke Pekanbaru. Mereka mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru sebanyak empat penerbangan.

“Jadi satu penerbangan membawa 31 hingga 35 orang, total ada empat penerbangan,” ujarnya.

Proses pemindahan akan langsung ditinjau oleh Satgas PPLN Pusat di bawah Kemenkopolhukam RI. Total ada 119 orang pengungsi asal Rohingya bakal dipindahkan ke Pekanbaru.

Tim PPLN juga menyiapkan akomodasi bagi para pengungsi. Lokasi akomodasi tersebut berbeda dengan akomodasi pengungsi saat ini.

Zulfahmi menyebut, seperti dilansir pekanbaru.go.id, bahwa penempatan para pengungsi nantinya di Wisma D’COP 2. Wisma itu berada di Jalan Ciptasari, Kelurahan Tangkerang Selatan.

Tim Pengawasan Pengsungsi Luar Negeri (PPLN) di Kota Pekanbaru mengikuti rapat koordinasi akhir terkait pemindahan pengungsi asal Rohingya dari Aceh ke Kota Pekanbaru. Rapat itu dihadiri langsung oleh Kepala Pelaksana Harian Satgas PPLN Nasional, Brigjen Bambang Pristiwanto dan Direktorat Kewaspadaan Nasional Kemendagri.

BACA JUGA  Kebakaran di Kamp Pengungsi Rohingya Terbesar, Puluhan Ribu Orang Tak Punya Tempat Berlindung

LEAVE A REPLY