Ilustrasi Cara Memasak Steak Enak di Rumah. (Foto: washingtonpost.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Steik biasanya jadi sajian mewah yang hanya bisa didapatkan di restoran. Tapi, sebetulnya masakan ini bisa dibuat sendiri di rumah. Para chef restoran steak berbagi tips agar Anda bisa menghasilkan steik lezat restoran tanpa harus menjejakkan kaki ke luar rumah.

Sulit untuk membuat steik berkualitas tanpa membeli potongan daging yang berkualitas tinggi. Dikutip dari Travelandleisure, Anda harus mencari tukang daging yang menjual daging steik bermutu.

Bila Anda bisa memilih secara spesifik potongan daging dan ketebalannya, chef Michael Lomonaco dari Porter House NYC merekomendasikan potongan daging setelah 1,5 inci.

“Itu steik yang berat tapi membuatmu punya kesempatan untuk memanggang kedua sisi tanpa membuatnya terlalu matang,” katanya.

Jika Anda belum biasa memasak steak, coba mulai dari rib-eye yang lebih mudah dimasak karena kematangannya lebih merata saat dipanggang. Rib-eye cenderung lebih berlemak dan populer di banyak restoran steak.

Keluarkan daging steik dari kulkas sekitar 10-15 menit sebelum mulai dimasak. Steik dengan suhu ruang bisa dimasak lebih efisien ketimbang steik yang benar-benar baru keluar dari kulkas.

Sebelum menyalakan api, siapkan dulu semua bahan dan alat seperti talenan, pisau, garam hingga piring saji. Alat pemanggang atau cast iron bisa jadi pilihan untuk memasak steik.

LEAVE A REPLY