Foto dokumentasi tak bertanggal ini menunjukkan sebuah epitaf yang berasal dari tahun 757 pada masa Dinasti Tang (618-907) yang ditemukan di Provinsi Hebei, China utara. (Foto: ANTARA / Xinhua / Departemen Perlindungan Peninggalan Budaya Linxi)

ZNEWS.ID SHIJIAZHUANG – Sejumlah arkeolog menemukan epitaf yang berasal dari tahun 757 pada masa Dinasti Tang (618-907) di Provinsi Hebei, Cina utara.

Ditemukan di rumah seorang petani, peninggalan tersebut diidentifikasi oleh para arkeolog yang tengah melakukan penyelidikan terhadap sejumlah peninggalan budaya rakyat di Desa Yanghuangying di wilayah Linxi.

Epitaf berukuran panjang dan lebar 40 cm serta tebal 15 cm itu terbuat dari batu biru (bluestone). Gambar zodiak Cina atau shio dari tubuh manusia dan kepala hewan terukir di sekitarnya.

Menurut departemen perlindungan peninggalan budaya Linxi, epitaf tersebut mencatat secara rinci kisah hidup pemilik makam, silsilah keluarga pemilik makam, serta nama dan posisi resmi leluhur mereka.

Wan Wenli, seorang peneliti sejarah dan budaya lokal, mengatakan bahwa penemuan itu memberikan bahan sejarah pendukung untuk mempelajari posisi resmi lokal Dinasti Tang.

Juga, memiliki nilai referensi sejarah yang penting untuk memahami budaya dan adat pemakaman keluarga ternama pada masa itu.

Sumber: Antara

BACA JUGA  Menengok Situs Srigading dan Peradaban Masa Lalu Wilayah Malang

LEAVE A REPLY