Ilustrasi Kiat agar Tidak Suntuk meski Tugas Menumpuk (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pernahkah Anda merasa suntuk dan kewalahan ketika tugas kian menumpuk dan tak kunjung selesai? Anda mungkin merasa pusing karena harus mengerjakan banyak hal secara bersamaan namun kesulitan dalam mengatur waktu. Akhirnya, tidak bisa selesai tepat waktu.

Simak lima kiat berikut agar Anda tidak merasa suntuk meski tugas menumpuk:

1. Buat Skala Prioritas

Tanyakan pada diri sendiri, hal apa yang perlu Anda selesaikan lebih awal? Tugas mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan? Kedua pertanyaan tersebut akan membantu untuk menentukan urutan prioritas dari setiap tugas.
​​​​​
Hal yang sifatnya sangat mendesak, misalnya seperti tugas yang akan segera dikumpulkan, tentu akan masuk di prioritas tertinggi sehingga perlu dikerjakan di awal. Begitupun sebaliknya, dengan hal-hal yang tidak terlalu mendesak, Anda bisa mengerjakannya setelah tugas yang lebih mendesak sudah selesai.

​Menyusun skala prioritas dapat dilakukan di pagi hari, atau di malam sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan aplikasi notes yang ada di ponsel, menulis secara manual di jurnal harian, atau menggunakan aplikasi penunjang produktivitas.

Jangan sampai terbalik atau tertukar dalam menyusun skala prioritas, supaya Anda dapat mengerjakan semua tugasmu dengan waktu yang cukup dan tidak tergesa-gesa.

2. Jangan Mudah Terdistraksi

Cobalah untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang membuat Anda terdistraksi dan kehilangan fokus. Misalnya, bunyi notifikasi ponsel yang membuatmu tergoda untuk membukanya, suara bising yang menyebabkan Anda kesulitan untuk fokus, atau keadaan sekitar seperti kehadiran orang lain di sekitarmu.

BACA JUGA  Kunci agar Lansia Tetap Sehat dan Aktif

LEAVE A REPLY