Ilustrasi Amalan agar Tak Diganggu Jin. (Foto: aboutislam.net)

ZNEWS.ID JAKARTA – Manusiawi ketika kita merasa takut karena merasa diganggu oleh sosok tak kasat mata. Kamu perlu tahu, kita tak perlu takut dengan gangguan jin atau setan. Pasalnya, kita diciptakan lebih mulia dan Allah selalu melindungi kita. Lalu, apa yang kita takutkan?

Buat kamu yang masih takut dengan gangguan jin, berikut ini cara mengatasi rasa takut diganggu jin atau setan

1. Membaca Basmalah

Tahukah kamu ketika kita membaca Basmalah, jin atau setan akan mengecil seukuran lalat? Dalam hadis dijelaskan: “Ketika aku bersama Rasulullah, tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, ‘Celakalah setan’ Rasul bersabda, ‘Jangan kamu katakan, ‘celakalah setan’ sebab jika kamu katakan seperti itu maka setan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya setan akan berkata ‘Itu terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah ‘Bismillah’ sebab jika engkau mengucapkan Basmalah, setan akan mengecil hingga seukuran lalat,” (HR Abu Dawud)

2. Menyebut Nama Allah saat Menutup Pintu dan Menutup Bejana atau Tempat Air

Supaya kamu tidak mendapat gangguan jin atau setan, jangan lupa senantiasa meminta perlindungan Allah dengan cara membaca Bismillah atau menyebut nama Allah saat menutup pintu, tempat minum, atau bahkan kulkas, lemari, dan benda lainnya.

Dalam hadis Rasulullah bersabda: “Tutuplah pintu-pintu, serta sebutlah nama Allah (saat menutupnya), lantaran setan akan tidak buka pintu yang telah terkunci dengan menyebutkan nama Allah. Tutup jugalah tempat air minum serta bejana-bejana kalian (untuk saat ini seperti lemari, bupet, kulkas serta yang lain) sembari menyebutkan nama Allah, walau kalian hanya menaruh suatu hal di dalamnya serta (saat akan tidur), matikanlah lampu-lampu kalian.” (HR Muslim)

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Susuk secara Syari

3. Rukiah dengan Ayat Al-Qur’an

Untuk menghindari gangguan dari jin, kamu juga dapat melakukan rukiah sendiri. Justru lebih kuat jika dilakukan sendiri. Rukiah ini bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur.

Gabungkan dua telapak tangan, lalu baca surah al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Naas, lalu tiupkan ke dua telapak tangan. Kemudian, usapkan telapak tangan ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan.

Setelah itu, diulang sampai tiga kali. Hal ini berdasarkan hadis dari Aisyah RA yang menceritakan kebiasaan Rasulullah sebelum tidur, (HR Bukhari 5017 dan Muslim 2192). (pendidikandd.org)

LEAVE A REPLY