Ilustrasi Platform Digital Jadi Salah Satu Sumber Penghimpunan ZISWAF Terbesar Dompet Dhuafa. (Foto: dompetdhuafa.org)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dompet Dhuafa melalui Ketua Program Ramadan Dompet Dhuafa, Ali Bastoni, menyampaikan terkait akumulasi penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) serta dana kemanusiaan selama Ramadan 1443 H sebesar Rp114,7 miliar.

Ali menuturkan, penghimpunan tersebut tumbuh 13,9 persen dari penghimpunan tahun lalu. Meskipun dari sisi target belum tercapai, tetapi ia bersyukur Dompet Dhuafa masih mencatatkan pertumbuhan positif dua digit.

Ali menjelaskan, penopang utama dari kenaikan penghimpunan tersebut di antaranya karena Dompet Dhuafa memberikan pelayanan kepada para donatur untuk menunaikan zakat dan berdonasi dalam berbagai metode.

“Penggunaan platform digital menjadi salah satu sumber penghimpunan terbesar karena ada pergeseran tren gaya hidup masyarakat,” kata Ali, dikutip dari Republika.

Ia menerangkan bahwa Dompet Dhuafa mencoba terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Tentunya dengan tujuan memberikan pelayanan premium kepada para muzaki. Hal ini terbukti dari kenaikan partisipasi donatur menguat 51,29 persen dan didominasi oleh Gen-Z.

Ali melanjutkan, kepekaan individu maupun komunitas untuk berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan sosial, ekonomi, pendidikan, budaya, dan dakwah juga terus bertumbuh. Kolaborasi aktif dengan berbagai lapisan masyarakat menjadi jurus jitu meraih kesuksesan penghimpunan Dompet Dhuafa tahun ini.

Mulai dari komunitas, korporasi, lembaga swadaya masyarakat, hingga publik figur seperti Ustaz Erick Yusuf, Dwiki Dharmawan, Armada, J-Rock, King Faaz dan Fairuz, dan lain-lain, menjadi jaring untuk menarik minat milenial terlibat dalam berbagai aksi dalam tajuk 30 Hari #JadiManfaat.

“Penopang selanjutnya adalah aktivasi optimal seluruh jaringan Dompet Dhuafa cabang dalam negeri maupun luar negeri, termasuk juga seluruh jaringan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) dan Organ Dompet Dhuafa,” ujar Ali.

BACA JUGA  Cerita Inspiratif dan Kiat Sukses dari Nurhayati Subakat, Founder Paragon

LEAVE A REPLY