Ilustrasi Kandungan dan Manfaat Utama Kunyit bagi Kesehatan Tubuh  (Foto: Shutter Stock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Praktisi kesehatan dr Agus Ujianto SpB MSiMed menilai ekstrak tanaman kunyit (Curcuma longa Linn) memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antivirus, antibakteri, antijamur, dan antikanker.

“Kurkumin yang merupakan senyawa aktif pada kunyit (ekstrak kunyit, red.) telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman dahulu, mulai dari radang sendi, masalah pencernaan, hingga keluhan kencing,” katanya dilansir dari Antara.

Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara itu mengatakan bahwa kurkumin dikenal sebagai antioksidan yang secara inheren memiliki banyak manfaat kesehatan karena mampu menetralisasi dan menangkal radikal bebas.

Dalam hal ini, radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah dalam tubuh termasuk peradangan dan pembengkakan serta dimungkinkan mendorong pertumbuhan kanker.

“Kurkumin, karena aktivitas antioksidannya, dapat mencegah beberapa masalah kesehatan yang serius ini,” kata Agus yang juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Digital Indonesia (Predigti) itu.

Menurut dia, kurkumin telah dipelajari secara ekstensif mengenai perannya dalam mencegah dan mengobati kanker.

“Ini karena kurkumin dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit dengan beberapa mekanisme,” katanya.

BACA JUGA  Segudang Manfaat Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan

LEAVE A REPLY