Ilustrasi adab makan yang baik ala Rasulullah. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam adalah teladan yang sempurna. Karenanya, tidak hanya mengikuti ajarannya, kita juga diharapkan mampu meneladani perilaku Nabi nan agung ini.

Segala hal yang dilakukan Nabi tidak beliau lakukan hanya karena iseng atau ketidaksengajaan. Allah telah memberikan petunjuk kepada Rasulullah sehingga kebiasaan yang beliau lakukan pastilah ada keutamaan dan manfaat di baliknya.

Salah satunya adalah bagaimana adab Nabi saat makan. Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini adab dan pola makan Rasulullah:

1. Memulai dengan Basmalah

Rasulullah bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Hudzaifah, “Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya.” Itulah mengapa kita harus mengucapkan basmalah terlebih dahulu sebelum makan.

2. Makan dengan Tenang

Cara ini akan menghindarkan kita dari tersedak dan tergigit. Dengan cara itu pula makanan bisa dicerna dengan lebih baik sehingga organ pencernaan bisa berfungsi dengan prima.

Organ pencernaan akan kesulitan mencerna makanan yang tidak halus dikunyah. Jika hal ini terjadi berulang-ulang dan dalam waktu lama bisa menyebabkan kanker usus besar.

3. Makan Sebelum Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Kapasitas perut kita terbagi menjadi tiga bagian. Sepertiga bagian untuk makanan (zat padat), sepertiga lagi untuk minuman (zat cair), dan sepertiga terakhir untuk udara (gas).

BACA JUGA  9 Amalan Sunah saat Iduladha Sesuai Anjuran Rasulullah

LEAVE A REPLY