Ilustrasi: Seorang tenaga kesehatan menerima suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19 sebagai booster di RSCM Jakarta, Minggu (18/7/2021), perlindungan dari risiko tertular. (Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenkes)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pemerintah telah memulai program vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) mulai Rabu (12/1/2022). Untuk menghindari antrean, warga diimbau memerhatikan syarat, lokasi, dan cara daftar vaksin booster melalui PeduliLindungi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa program vaksin booster akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

Menkes mengungkapkan,nsyarat untuk bisa menerima vaksin booster ialah telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal 6 bulan yang lalu.

Menkes menyebutkan, vaksin booster akan diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan (imunokompromais).

Adapun jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis pertama dan kedua yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Menkes menjelaskan, lokasi penyuntikkan vaksin booster akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah, maupun rumah sakit milik pemerintah daerah.

Berikut prosedur mendapatkan vaksin booster yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan:

(Infografis: Antara)
BACA JUGA  BPOM Setujui Penggunaan Darurat Vaksin Corona Produksi Sinovac untuk Lansia

LEAVE A REPLY