Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat (DBPM) Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji, dalam agenda Indonesian Human Summit 2022 beberapa waktu lalu. (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID JAKARTA – Mengentaskan kemiskinan di tengah pandemi menjadi salah satu fokus utama dari Dompet Dhuafa. Program Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat (DBPM) menjadi salah satu strategi mengangkat martabat kaum dhuafa dengan pemberdayaan ekonomi, kesehatan, pendidikan, maupun pelayanan sosial kemasyarakatan dalam memutus mata rantai kemiskinan.

Direktur Dakwah, Budaya, dan Pelayanan Masyarakat (DBPM) Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji, mengatakan bahwa ada empat program penyaluran ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) DBPM yakni Layanan Dikbudling (Pendidikan, Budaya, dan Lingkungan), Layanan Kesehatan, Layanan Sosial, dan Layanan Kemanusiaan.

Dengan sub-program seperti Beasiswa, Sekolah, Kesehatan Marginal, Pembelaan Akses dan Kepedulian, Layanan Mustahik, Yatim Tangguh, Barzah (Badan Pemusalaraan Jenazah), Dapur Keliling, Keluarga Mandiri, BRP+BSL, Pondok Jiwa Sehat, Shelter Sehati Tanggap Darurat, Respons dan Recovery, Mitigasi Bencana dan Kesiapsiagaan.

“Seluruh penyaluran dari sub-program menyasar penerima manfaat dengan beragam kriteria korban dari tragedi sosial. Dan, masyarakat yang terkena dampak sosial yaitu fakir miskin dan masyarakat terlantar, serta menguatkan melalui dakwah berbasis budaya masyarakat,” tutur pria yang akrab disapa ustaz Shon ini, saat pemaparannya dalam agenda Indonesian Human Summit 2022 beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, kolaborasi dan sinergi terus dibangun untuk memperluas manfaat dan mendukung capaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs) pemerintah.

Tercatat, jumlah penerima manfaat yang dibantu sepanjang 2021 mencapai 70.747 jiwa. Sementara, untuk layanan mustahik sebanyak 4.122 jiwa yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ahmad Shonhaji mengatakan, DBPM Dompet Dhuafa terus menggulirkan berbagai program layanannya. Pada Layanan Kesehatan, DBPM Dompet Dhuafa telah menggulirkan Layanan seperti Kesehatan Marginal, Pembelaan Akses dan Kepedulian Kesehatan, serta Pemberdayaan Kesehatan pada 11 Provinsi.

BACA JUGA  Dompet Dhuafa Waspada Berhasil Himpun Donasi Rp 1,1 M Selama Ramadan

LEAVE A REPLY