Ilustrasi langkah mudah memulai bisnis fesyen (Shutterstock/Odua Images)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pelaku bisnis khususnya UMKM semakin percaya diri akan peluang sukses di tahun ini. Berdasarkan riset terbaru McKinsey, e-commerce Indonesia di tahun 2022 diprediksi meningkat delapan kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini semakin menunjukkan bahwa sektor UMKM memiliki kemudi dalam memulihkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menanggapi hasil riset tersebut, Melina Marpaung, Country Manager Zilingo Indonesia, mengatakan bahwa ini saat yang tepat bagi para pelaku usaha yang baru mulai terjun.

Menurutnya, infrastruktur digital Indonesia yang semakin matang dan didukung platform online yang dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, memungkinkan pelaku usaha untuk semakin berkembang cepat.

“Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan persiapan yang matang agar dapat memiliki pondasi kuat dalam mulai mengembangkan merek Anda,” ujarnya.

Melina membagikan lima langkah mudah yang dapat dijadikan acuan pelaku UMKM dalam memulai bisnis fesyen sebagai berikut:

1. Mengamati Tren Pasar

Cara mudah mengamati tren dengan melakukan riset produk. Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah data tren sesuai dengan kondisi pasar agar produk yang Anda pilih mudah diterima.

BACA JUGA  Seniman Afrika Sulap "Batik" Jadi Karya Seni

LEAVE A REPLY