Ilustrasi periksa gigi. (Foto: SHUTTERSTOCK/antoniodiaz)

ZNEWS.ID JAKARTA – Selain menjadi refleksi kesehatan tubuh secara umum, kebersihan gigi dan mulut sangat berpengaruh dalam meminimalisasi risiko komplikasi penyakit, terutama saat seseorang terpapar Covid-19.

Dokter Spesialis Periodonsia RSUD dr Iskak Tulungagung, drg Winidiastuti Anitasari SpPerio, mengatakan bahwa beberapa studi penelitian menunjukkan seseorang yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk, memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi bila terpapar Covid-19.

Winidiastuti menambahkan, bakteri dan penyakit dari dalam mulut maupun gigi dapat memicu timbulnya berbagai penyakit lain seperti jantung, diabetes, hipertensi, bahkan pneumonia.

Kondisi ini semakin diperparah lantaran rata-rata masyarakat enggan dan takut pergi ke dokter gigi di masa pandemi, lantaran dinilai risiko terpapar.

“Inilah mengapa melakukan kontrol pembersihan plak pada gigi sangatlah perlu. Utamanya situasi semacam ini,” katanya.

Untuk itu, ia mengimbau pada masyarakat agar tetap rutin membersihkan dan melakukan perawatan pemeriksaan gigi secara berkala.

Mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah salah satu cara terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kepercayaan diri.

LEAVE A REPLY