Ilustrasi cara cek tiket vaksinasi booster di PeduliLindungi. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pemerintah sudah membuka program vaksinasi dosis ketiga atau booster, tiket vaksinasi bisa dilihat di situs dan aplikasi PeduliLindungi.

Melalui situs resmi pedulilindungi.id, masyarakat bisa memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nama lengkap, kemudian mengeklik tombol “periksa”.

Setelah itu, jika termasuk kelompok prioritas, akan terlihat tulisan “Anda berhak vaksinasi ke-3 (booster) Gratis” pada status vaksinasi.

Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, masuk ke platform tersebut dengan akun yang sudah terdaftar. Setelah itu, masuk ke profil dengan mengeklik tulisan “Hai, (nama lengkap)” di bagian atas.

Informasi tentang vaksinasi booster bisa dilihat pada menu “Status Vaksinasi dan Hasil Tes Covid-19”. Sementara itu, tiket vaksinasi, yang berisi kode QR bisa dilihat di bagian “Riwayat dan Tiket Vaksin”, kemudian klik nama akun.

Untuk mengatasi kendala seperti tidak ada akses internet di lokasi vaksinasi, masyarakat bisa menyimpan tiket vaksinasi sebagai gambar.

Caranya, cukup klik “simpan sebagai gambar” yang ada di bagian bawah tiket vaksinasi. Tiket vaksinasi akan tersimpan di galeri foto ponsel.

BACA JUGA  Menkes: PeduliLindungi akan Diwujudkan di Aktivitas Utama Warga

LEAVE A REPLY