Ilustrasi penyebab roda depan mobil bunyi gluduk dan cara mengatasinya. (Foto: CarScope)

ZNEWS.ID JAKARTA – Bagi para pemilik mobil yang menemukan suara asing dari roda bagian depan, disarankan untuk tidak membiarkannya terlalu lama. Bunyi aneh itu terjadi biasanya ketika menemukan jalan yang bergelombang.

Agar bisa lebih waspada dan tahu apa yang harus dilakukan, maka pemilik kendaraan harus tahu penyebab dari bunyi yang mengganggu satu ini. Berikut ini lima penyebab bunyi gluduk-gluduk pada roda bagian depan:

1. Bushing Stabilizer Longgar

Penyebab bunyi pada roda depan mobil bisa datang dari komponen bushing stabilizer. Komponen ini memiliki fungsi yang penting dalam mencegah getaran sampai pada chassis mobil.

Bushing stabilizer akan bisa longgar, tipis, atau bahkan rusak karena faktor penggunaan yang lama.

“Karena bushing terbuat dari material rubber yang seiring dengan waktu mengalami deformasi bentuk dan penurunan kualitas (getas), timbul celah antara link stabilizer dan bushing itu sendiri. Sehingga, saat melewati jalan berguncang akan timbul bunyi gluduk-gluduk,” ungkap Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Jawa Barat, Primaghany, dikutip dari Antara, Kamis (13/1/2022).

Fungsinya yang menahan getaran link stabilizer menggunakan isolator berupa karet bisa saja penyebab mengapa bagian ini akan longgar. Jika karet ini aus, otomatis bushing stabilizer akan longgar.

Selain karet, bushing stabilizer juga bisa longgar karena pemasangan baut pengikat yang tidak kencang.

LEAVE A REPLY