Pelepasan Jemaah Umrah Perdana, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). (Foto: Kemenag)

ZNEWS.ID JAKARTA – Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa sudah ada sebanyak 1.023 orang yang berangkat ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umrah terhitung sejak Sabtu (8/1/2022) hingga Selasa (11/1/2022).

“Sampai hari Selasa (11/1/2022), telah diberangkatkan jemaah umrah ke Arab Saudi sebanyak 1.023 jemaah,” katanya saat menggelar rapat kerja bersama Komisi VIII DPR yang diikuti di Jakarta, Kamis (13/1/2022).

Zainut menjelaskan, dari 1.000 lebih orang yang berangkat, 870 di antaranya melakukan penapisan (screening) kesehatan secara terpusat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, sebelum terbang ke Tanah Suci.

Jemaah umrah yang tiba di Arab Saudi, kata dia, sudah dinyatakan negatif lewat tes usap PCR. Saat ini, mayoritas jemaah umrah Indonesia tengah menjalani karantina selama lima hari sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 setempat.

“Selama lima hari mulai dari saat kedatangan. Informasi dan laporan Penyelanggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) bahwa hasil PCR pertama saat karantina kedatangan jemaah umrah di Arab Saudi seluruhnya negatif Covid-19,” katanya.

Zainut menambahkan, jemaah umrah yang berangkat dari Asrama Haji Jakarta menggunakan dua maskapai penerbangan langsung yakni Lion Air dan Saudia Arabia Airlines. Sementara, satu maskapai, Emirates Airlines, harus transit.

Lalu, satu penerbangan lain menggunakan Qatar Airlines di mana dalam maskapai tersebut berisi jamaah yang melakukan pemantauan kesehatan di luar Asrama Haji Jakarta atau tidak mengikuti aturan umrah dari Kementerian Agama.

BACA JUGA  Arab Saudi Klaim Hancurkan Sel Teroris Binaan Iran

LEAVE A REPLY