Ilustrasi panduan memilih tanaman untuk ruangan. (Foto: ANTARA/HO-IKEA)

ZNEWS.ID JAKARTA – Keberadaan tanaman di sekeliling Anda tak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, tetapi juga lingkungan. Anda bisa menaruh tanaman di dalam ruangan untuk efek terapi.

“Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan, menaruh tanaman ke ruang kerja atau lingkungan hidup apa pun sebenarnya membantu mengurangi stres,” kata ahli hortikultura di New York, Marc Hachadourian seperti dikutip dari Insider.

Hachadourian mengatakan, ada efek terapeutik dari merawat tanaman dan berkebun telah terbukti menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

Di sisi lain, tanaman membantu membersihkan udara dan menambah oksigen. Tanaman tertentu secara khusus membersihkan udara dari bahan kimia beracun seperti benzena, formaldehida, dan amonia, menurut laporan dari NASA.

Setidaknya, ada empat tanaman yang memiliki kemampuan membersihkan udara, salah satunya Dracaena trifasciata atau snake plant.

Snake plant sangat cocok ditaruh di kamar tidur Anda. Tanaman ini tidak hanya menghilangkan benzena dan formaldehida, tetapi juga menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, lapor HuffPost.

Menurut Apartment Therapy, agar tanaman ini tumbuh dengan baik, Anda harus membiarkan tanah mengering di antara waktu penyiraman dan menempatkan tanaman tak terkena cahaya langsung.

BACA JUGA  Potensi dan Popularitas Araceae di Masa Pandemi

LEAVE A REPLY