Ilustrasi kiat atasi kecemasan akibat munculnya varian Omicron. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Tak cukup pada Delta, varian baru Covid-19 yakni Omicron muncul. Hal ini menyebabkan sebagian orang berada dalam kondisi ketidakpastian dan kecemasan berkepanjangan.

“Munculnya varian Omicron dapat menyebabkan kecemasan dan ketakutan di antara orang-orang. Ketidakpastian tentang masa kini dan masa depan dapat memengaruhi mekanisme koping (mengatasi masalah) seseorang,” kata psikolog dari Dharamshila Narayana Superspeciailty Hospital, New Delhi, Dr Neha Dutt seperti dikutip dari Indian Express, Senin (6/12/2021).

Menurut psikiater dari Narayana Superspeciality, Hospital, Gurugram Dr Rahul Rai Kakkar, setiap transformasi baru yang tidak terduga dalam situasi atau lingkungan membawa ketidaknyamanan dan memengaruhi pola perilaku seseorang.

“Ini mungkin mencerminkan peningkatan stres, lekas marah, penyalahgunaan zat, masalah kecemasan, pola tidur yang terganggu dan lainnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, sanga penting untuk menjauhkan pikiran negatif, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya. Anda disarankan membuat diri Anda terlibat secara bermakna dengan pekerjaan, rekreasi, melakukan hobi, tetap terhubung dengan keluarga dan teman pada saat yang sama menjaga semua tindakan pencegahan yang diperlukan.

Jika Anda merasa cemas dengan semua perkembangan terkait varian Omicron, berikut tips dari Kakkar:

1. Pengaturan Tidur

Pertahankan waktu yang tetap untuk tidur dan bangun, hindari tidur siang, hindari asupan kafein setelah pukul 17.00. Hentikan paparan layar atau penggunaan telepon menjelang tidur, sebaiknya jangan makan makanan berat di malam hari dan jangan minum air sebelum tidur.

BACA JUGA  Melindungi Kesehatan Mental Keluarga di Masa Pandemi

LEAVE A REPLY