Ilustrasi cara aman hadapi aquaplaning di musim hujan. (Foto: iStock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Memasuki musim hujan, pengemudi harus mewaspadai risiko aquaplaning yakni kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan (traksi) pada permukaan jalan saat melintasi genangan air hujan.

Pengemudi dituntut memiliki keahlian khusus ketika mereka harus menghadapi situasi tersebut. Jalan licin akibat hujan deras semakin sulit dilewati lantaran daya pandang pengemudi terbatas akibat angin kencang. Sehingga, membuat mobil sulit dikendalikan.

Untuk mengedukasi ini semua, berikut lima tips menghadapi situasi aquaplaning di jalan tol atau bebas hambatan.

1. Pastikan Kondisi Ban Mobil

Ban merupakan komponen mobil yang wajib diperhatikan saat musim hujan karena hanya ban yang melakukan kontak langsung dengan jalan. Begitu ban bermasalah, Anda akan kesulitan mengendalikan mobil ketika hujan turun.

Oleh karenanya, pastikan kondisi ban dengan memeriksa tekanan angin, telapak, alur, dan dinding ban dari potensi aus dan rusak.

2. Periksa Komponen Mobil Lainnya

Selain ban, komponen mobil lain wajib diperiksa, seperti lampu, AC, dan wiper, termasuk cairan pembersih kaca depan. Lampu senja dan sein dalam kondisi baik membantu pengguna jalan lain memantau manuver mobil Anda. Namun,bila lampu utama yang tidak berfungsi dengan baik justru mengganggu pandangan.

Pendingin kabin yang rusak bisa membuat kaca depan berkabut sehingga menutup visibilitas keluar mobil. Wiper yang bermasalah juga akan menyulitkan, terutama saat hujan sangat deras dan hembusan angin terbilang kencang.

BACA JUGA  Kiat Tak Mudah Sakit saat Musim Hujan

LEAVE A REPLY