Ilustrasi lima jenis email yang harus segera dihapus. (Photo Illustration by Chesnot/Getty Images)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pelaku kejahatan siber sudah sejak lama mengincar kotak pesan surat elektronik, terutama untuk email bisnis, untuk mencuri data. Salah satu serangan yang sering ditemui, menurut Kaspersky adalah Business Email Compromise melalui metode phishing.

Peretas akan bisa mengakses email pengguna melalui serangan tersebut. Tentu hal tersebut sangat berbahaya jika email mengandung data yang sensitif, misalnya laporan keuangan perusahaan.

“Dalam beberapa kasus, studi yang cermat atas laporan keuangan juga dapat memberikan peluang untuk manipulasi bursa saham,” kata pakar keamanan di Kaspersky, Roman Dedenok, dikutip dari Antara, Minggu (5/12/2021).

Penjahat siber bisa mendapat informasi tentang bisnis perusahaan sampai menyerang mitra perusahaan berbekal data laporan keuangan tersebut.

Agar tidak terjadi, Kaspersky menyarankan email-email berikut segera dihapus dari kotak surat.

1. Data Otentikasi

Beberapa perusahaan masih mengirimkan kata sandi melalui email ketika karyawan mereka menyetel ulang kata sandi untuk masuk ke laman kerja mereka. Terkadang karyawan juga mengirim informasi login dan kata sandi.

Pesan seperti ini menjadi incaran peretas, mereka mendapatkan tambahan untuk melakukan rekayasa sosial dan meluncurkan serangan lainnya.

BACA JUGA  Pencurian Data dan Ransomware Masih Jadi Ancaman pada 2022

LEAVE A REPLY