Ilustrasi hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli rumah. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Mencari hunian idaman bisa dibilang gampang-gampang susah. Setidaknya, ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah.

Sebelum salah mengambil keputusan dalam membeli rumah atau apartemen, perhatikan enam hal yang harus dipertimbangkan sebagai tolok ukur untuk mencari rumah impian.

1. Lokasi

Lokasi menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan. Calon pembeli harus mencari tahu apakah lokasi rumah dekat dengan pusat kota, tempat kerja, dan sarana transportasi.

Pastikan juga lokasi rumah tidak menjadi langganan banjir saat musim hujan. Lakukan riset sedetail mungkin agar bisa menghindari kerugian di masa depan.

2. Harga

Poin ini mungkin bisa saja subjektif. Artinya, harga akan menyesuaikan dengan kemampuan para pembeli. Namun, calon pembeli harus mengetahui apakah harga properti tersebut sesuai dengan pasar.

Umumnya, ketika akan membeli properti secondary (bekas), harus diketahui dulu apakah harga yang ditawarkan wajar.

3. Fasilitas

Beberapa hunian mungkin akan menawarkan fasilitas privat seperti area perumahan klaster, townhouse, atau apartemen. Calon pembeli perlu mencari tahu apakah fasilitas tersebut benar-benar tersedia, jangan sampai tertipu informasi yang ada di iklan.

BACA JUGA  Tips Siap Mental Hafal Al-Qur'an

LEAVE A REPLY