Ilustrasi cara mudah dan menyenangkan agar anak menyukai ilmu pengetahuan. (Foto: Shutterstock)

ZNEWS.ID JAKARTA – Ada banyak alasan untuk membangun ‘literasi ilmu pengetahuan’ anak. Ilmu pengetahuan lebih dari sekadar mata pelajaran di sekolah, ilmu pengetahuan memberikan banyak dampak positif bagi perkembangan anak.

Sebagai contoh, penelitian dari Indonesia yang mempelajari 120 siswa sekolah dasar menemukan bahwa pendidikan Science, Technology, Engineering, dan Math (STEM) dapat membentuk keterampilan berpikir kritis mereka.

Selain itu, analisis konten yang diterbitkan pada 2020 juga menyimpulkan bahwa pembelajaran STEM dapat membekali siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan di industri 4.0 yang mendorong lebih banyak inovasi.

Temuan dari survei global 3M pada 2021 mengenai persepsi ilmu pengetahuan , 3M State of Science Index menemukan bahwa akibat adanya pandemi Covid-19, bidang STEM pun menjadi fokus utama. Hampir semua responden di Asia Pasifik, atau sebanyak 91 persen setuju bahwa dunia membutuhkan lebih banyak orang yang berkarier di bidang STEM.

Untungnya, 73 persen responden setuju bahwa generasi muda kini lebih banyak terlibat dalam ilmu pengetahuan dan isu-isu yang terkait ilmu pengetahuan daripada sebelumnya.

Berikut lima cara mudah dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan agar anak menyukai belajar ilmu pengetahuan:

1. Eksplorasi Pertanyaan dan Jawaban

Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh anak Anda dan cari jawabannya bersama-sama. Saat muncul pertanyaan dari anak Anda, itulah waktu terbaik untuk belajar.

BACA JUGA  Sigap Adopsi Teknologi, UMKM Indonesia akan Pulih Tahun Ini

LEAVE A REPLY