JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta meluncurkan layanan fasilitas digital bagi penyandang disabilitas.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya memiliki komitmen untuk memberikan fasilitas yang setara bagi seluruh warga. “Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas,” katanya.

Fasilitas yang disediakan bagi penyandang disabilitas itu adalah Digital Intelligent Assistant (Dina).di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Melalui Dina, penumpang disabilitas dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi di antaranya adanya teknologi panggilan melalui video atau video call, dimana nantinya operator yang bertugas pada pusat operasi misalnya di Stasiun Bundaran HI bisa berkomunikasi langsung dengan penumpang penyandang disabilitas.

Peluncuran fasilitas tersebut juga sekaligus memperingati Hari Disabilitas Internasional, Anies mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap memiliki kelebihan di atas para penyandang disabilitas.

“Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi,” ujar Anies, dikutip Antara.

Sementara itu, menurut Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar menjelaskan ada tiga stasiun yang menerapkan layanan Dina, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI.

William menuturkan MRT Jakarta akan menerapkan layanan ramah disabilitas ini di seluruh stasiun.

 

BACA JUGA  Jangan Lupakan Penyandang Disabilitas, Mereka Paling Terdampak dan Butuh Bantuan

LEAVE A REPLY