Ilustrasi operasi katarak. ( rsmataachmadwardi.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Katarak adalah keadaan di mana terjadi kekeruhan pada lensa mata yang disebabkan hidrasi (penambahan cairan lensa), denaturasi protein lensa, atau dapat juga akibat dari kedua-duanya. Katarak biasanya mengenai kedua mata dan berjalan progresif.

Katarak menyebabkan penderita tidak bisa melihat dengan jelas. Hal ini disebabkan karena dengan lensa yang keruh, cahaya sulit mencapai retina dan menghasilkan bayangan kabur pada retina.

Apabila tidak ditangani dengan baik, penglihatan penderita katarak menjadi terganggu. Bahkan, bisa menjadi buta bila semakin parah.

Pada umumnya, penyebab utama katarak yaitu proses degeneratif atau bertambahnya usia. Selain itu, katarak juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Katarak traumatika, disebabkan oleh riwayat trauma atau cedera pada mata.
  • Katarak komplikata, disebabkan oleh penyakit atau gangguan metabolisme dan lain-lain.
  • Katarak yang disebabkan oleh paparan sinar radiasi dan sinar UV yang langsung pada mata dalam waktu yang lama.
  • Katarak yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan jangka panjang seperti kortikosteroid.
  • Katarak kongenital, kekeruhan lensa yang timbul sejak lahir pada tahun pertama kehidupan.

Jalan satu-satunya untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan melakukan operasi katarak. Tindakan operasi katarak meliputi dua tahap, yaitu menghilangkan lensa yang keruh dan menggantinya dengan penanaman lensa buatan (intraocular lens).

Teknologi bedah katarak telah melalui beberapa fase evolusi sejak beberapa tahun belakangan ini. Dulu, bedah katarak dilakukan dengan teknik manual, yaitu ECCE (Extra Capsular Cataract Extraction) dan ICCE (Intra Capsular Cataract Extraction).

BACA JUGA  6 Komponen Mobil yang Perlu Diperiksa Usai Liburan

LEAVE A REPLY