Ilustrasi tips aman mendaki gunung untuk wanita pemula. (Foto: instagram.com/trekkingwisatasentul)

ZNEWS.ID JAKARTA – Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, khususnya untuk mendekatkan diri merasakan keindahan alam.

Tidak hanya digandrungi pria, mendaki gunung juga termasuk ke dalam salah satu kegiatan yang digemari wanita, khususnya bagi para pencinta petualangan.

Bagi pendaki wanita pemula, tentu ada beberapa hal yang harus dipahami ketika memulai perjalanan dan pengalaman baru. Hal itu bertujuan agar perjalanan eksplorasi alammu bisa tetap terasa menyenangkan meski banyak rintangan.

Mengutip Antara, Rabu (1/12/2021), berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pendaki wanita agar tetap aman dan nyaman saat memulai pendakian ke gunung.

1. Kenali Bahaya dalam Perjalanan

Salah satu World Seven Summiter asal Indonesia, Iwan “Kwencheng” Irawan, mengatakan bahwa salah satu kiat agar pendaki wanita aman saat mendaki adalah mengenali jenis- jenis bahaya.

Ada dua jenis bahaya yaitu objektif dan subjektif yang bisa ditemui pada saat eksplorasi alam tengah berlangsung. Bahaya objektif disebut Iwan merupakan bahaya yang berasal dari faktor alam seperti ketinggian, cuaca, oksigen, hingga curah hujan.

Sementara bahaya subjektif adalah bahaya yang diakibatkan oleh faktor manusia atau keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

LEAVE A REPLY