Ilustrasi hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum membeli mobil baru. (Foto: afghanlogisticstours.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Kebijakan PPnBM dan penyelenggaraan pameran otomotif GIIAS menjadi peluang baik bagi masyarakat yang telah berencana membeli mobil baru. Namun, ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar tetap sesuai dengan kebutuhan.

Dikutip dari Antara, Jumat (26/11/2021), berikut empat persiapan yang harus dilakukan sebelum membeli mobil baru.

1. Persiapkan Dana Sesuai Mobil yang Diperlukan

Dalam membeli mobil baru, tentukan dahulu anggaran dana yang akan disisihkan. Mobil yang dipilih harus sesuai kebutuhan dan kesanggupan, bukan berdasarkan keinginan agar pengeluaran dana tidak berlebih.

Perhitungkan juga angka pajak tahunan dan lima tahunan yang harus dibayar. Lalu, pastikan metode pembayaran sesuai dengan anggaran yang ada, baik secara tunai maupun kredit, agar pembayaran berjalan lancar.

2. Perhitungkan Biaya Pemeliharaan

Hal yang kadang terlupakan saat ingin membeli mobil baru adalah memperhitungkan biaya pemeliharaan mobil; mulai dari biaya servis bulanan, bahan bakar, biaya penggantian suku cadang hingga biaya keperluan lain.

Masing-masing mobil memiliki biaya pemeliharaan mobil yang berbeda, jadi pastikan seluruh biaya ini masih sesuai kantong Anda.

3. Kelengkapan Surat-Surat

Selain biaya, Anda perlu mempersiapkan segala surat dan dokumen yang diperlukan untuk pembelian mobil. Dokumen yang diperlukan di antaranya KTP dan SIM, kartu keluarga, faktur, slip gaji jika pembayaran dengan metode kredit, plat nomor, dan BPKB.

BACA JUGA  Tanggulangi Dampak Pandemi, Dompet Dhuafa Dorong Kewirausahaan Sosial di Asia Pasifik

LEAVE A REPLY