Lukisan karya Agus Djaya berjudul “Dunia Anjing”. (HO/Galeri Nasional)

ZNEWS.ID JAKARTA – Pameran Lukisan Koleksi Galeri Nasional Indonesia dan Museum Seni Ketimuran, Moskow bertajuk “Zaman Peralihan” menjadi tempat menemukan lagi karya anak bangsa yang tersimpan di luar Indonesia.

Berawal dari sebuah pameran di Rusia yang menampilkan sejumlah lukisan yang dibuat pada era 1950-an hingga 1960-an oleh para seniman tersohor Indonesia, muncullah gagasan untuk menampilkan karya-karya tersebut di Indonesia.

Setelah melalui proses komunikasi yang hangat antara dua negara yaitu Indonesia dan Rusia, maka dapatlah diwujudkan Pameran Lukisan Koleksi Galeri Nasional Indonesia dan Museum Seni Ketimuran, Moskow bertajuk “Zaman Peralihan”.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto mengatakan bahwa pameran ini tidak hanya sekadar menyajikan karya-karya seni rupa kepada publik, melainkan juga ‘menemukan kembali’ karya-karya anak bangsa yang selama ini tersimpan di luar ‘rumahnya’ sendiri.

Kabar yang lebih menggembirakan, sebagian karya-karya tersebut telah direstorasi.

“Galeri Nasional Indonesia mengucapkan terima kasih atas upaya restorasi yang telah dilakukan oleh Museum Seni Ketimuran di Moskow, sehingga kini kita bisa menikmati dengan nyaman dan bangga, lukisan-lukisan bercorak estetika kerakyatan yang berharga bagi bangsa Indonesia,” ungkap Pustanto, dikutip dari Antara, Kamis (25/11/2021).

Dikuratori oleh Asikin Hasan, Sudjud Dartanto, dan Teguh Margono, pameran ini mengetengahkan tema “Zaman Peralihan” sebagai masa transisi peralihan zaman yang dapat ditangkap dari karya seni rupa.

BACA JUGA  Aplikasi Percakapan Lokal Karya Anak Bangsa Bernama Palapa

LEAVE A REPLY