Ilustrasi: Dompet Dhuafa Banten bekerja sama Dengan PT Indonesia Power PLTGU OMU Cilegon membagikan mushaf Al-Qur’an kepada masyarakat hingga ke pelosok. (Foto: DD Banten)

ZNEWS.ID JAKARTA – Sehat merupakan dambaan setiap manusia. Tahukah kamu jika kesehatan dapat diraih salah satunya dengan menjadi orang dermawan?

Memiliki sifat dermawan tidak akan membuat seseorang jatuh miskin. Justru, kebiasaan berbagi punya manfaat yang luar biasa.

Tak hanya membahagiakan orang lain, namun ada pula manfaat kesehatan yang diyakini dapat diperoleh dari sifat dermawan.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Menolong orang atau keluarga ternyata dapat meningkatkan kesehatan jantung. Orang-orang yang gemar memberi kepada orang lain akan menerima dukungan sosial yang lebih besar sebagai balasannya.

  • Membantu Mengurangi Stres

Menimbun uang mungkin baik untuk masa depan, tapi tidak untuk kesehatan. Studi terbaru dari Universitas Teknologi Queensland yang terbit di PLoS One menemukan bahwa sifat kikir dapat meningkatkan stres. Inilah mengapa menjadi orang dermawan itu lebih baik daripada diam saja.

Penelitian ini bertujuan mengukur tekanan mental ketika seseorang harus mengambil keputusan terhadap uang mereka. Penulis penelitian juga mencatat bahwa peserta yang kikir kemungkinan juga mengalami stres karena merasa bersalah.

  • Memperpanjang Usia

Sifat ringan tangan dalam membantu orang lain akan meningkatkan umur panjang. Dalam studi yang dipublikasi dalam Jurnal Kesehatan Umum Amerika pada 2013 disebutkan bahwa orang yang membantu orang lain dengan menjalankan tugas tampaknya terlindungi dari dampak negatif stres.

BACA JUGA  Masih Banyak Warga Terdampak yang Belum Terjangkau Uluran Tangan Dermawan

LEAVE A REPLY