Seminar otomotif GIIAS Educare, Education Day, dalam rangkaian Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Hall 3 Nusantara ICE BSD City, Senin (15/11/2021). (Foto: Dompet Dhuafa)

ZNEWS.ID TANGSEL – Head of Communication and Customer Service Management Asuransi ASTRA, Laurentius Iwan Pranoto, mengatakan bahwa memiliki pangsa pasar 55% untuk otomotif di Indonesia, ASTRA ingin membukakan mata, luasnya cakupan otomotif dan kesempatan peluang pekerjaan kepada teman-teman SMK yang memang bersiap untuk melangkah bekerja.

Saat paparan motivasinya kepada para peserta seminar Education Day dalam rangkaian Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, di ICE BSD, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Iwan menyampaikan bahwa kebanyakan peserta seminar GIIAS Educare ialah teman-teman SMK. Artinya, kata dia, sudah siap menapaki tahap selanjutnya, baik itu jenjang kuliah maupun langsung bekerja.

Iwan menjelaskan, berbicara otomotif, pendukungnya terbagi dalam tiga hal. Upstream, seperti industri bahan material produksi hingga software. Kemudian, Core Automotive, seperti original equipment juga manufaktur, hingga Downstream, yaitu after market, perbankan, juga rental.

Seminar otomotif GIIAS Educare, Education Day, dalam rangkaian Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Hall 3 Nusantara ICE BSD City, Senin (15/11/2021). (Foto: Dompet Dhuafa)

“Jadi, berkarir bidang otomotif bukan sekadar perakitan mobil atau sebatas teknisi saja. Industri pendukung lain banyak sekali. Bisa masuk di sisi safety driving, jurnalis automotive, jasa keuangannya, dan sebagainya,” jelasnya dalam seminar otomotif GIIAS Educare, Live via Zoom Us dan aplikasi GIIAS Auto 360 juga YouTube DDTV https://youtu.be/XzZT81BCSTo di Hall 3 Nusantara ICE BSD City, Senin (15/11/2021).

Lulusan SMK dirancang untuk mencetak sumber daya yang siap kerja dan profesional. Di awal masa pandemi, industri otomotif sempat mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Namun, di masa pemulihan seperti sekarang atau yang lebih dikenal dengan era new normal, dunia otomotif mulai bangkit kembali dengan semangat yang baru.

“Kami bawakan slogan Good Planning is Good Future, Semangat Beyond Infinity. Terlebih adanya temuan-temuan pergeseran industri dan penjualan kendaraan bermotor di Asia. Kini, era mobil kecil dan LCGC juga meningkat, begitu juga dalam perkembangan zaman digitalisasi-nya,” kata Iwan.

BACA JUGA  Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Latih Perempuan Jadi Pengusaha

LEAVE A REPLY