Pebalap tim Mercedes Lewis Hamilton menyapa sang rival dari tim Red Bull, Max Verstappen, di podium Grand Prix Bahrain, Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir. (28/3/2021) (AFP/Giuseppe Cacace)

ZNEWS.ID, JAKARTA – Pemuncak klasemen sementara F1 Max Verstappen mengklaim pole position Grand Prix Amerika Serikat di Austin pada Sabtu di saat rival utamanya, Lewis Hamilton, melengkapi posisi start baris terdepan untuk Mercedes.

Pole itu merupakan kesembilan kalinya bagi Verstappen musim ini dan bakal membuka potensi pertarungan ketat dengan sang juara dunia tujuh kali pada balapan nanti.

Pebalap yang menang di Austin selalu start dari baris terdepan sejak grand prix pertama di Circuit of the Americas digelar pada 2012, dan Verstappen merupakan pebalap non-Mercedes pertama yang mengambil pole sejak dimulainya era mesin hybrid turbo V6 pada 2014.

“Gerimis turun di akhir lap saya dan saya tidak yakin bisa bertahan tapi meraih pole ini luar biasa,” kata Verstappen, yang mencetak satu menit 32,910 detik demi mengalahkan Hamilton dengan jarak 0,209 detik di kualifikasi.

“Saya rasa kami telah menjalani sejumlah pertarungan hebat musim ini jadi saya menantikan itu lagi,” kata Verstappen yang mengantongi keunggulan enam poin atas Hamilton di klasemen.

Sementara itu Hamilton, lima kali menang di Austin, mengatakan ia senang dengan catatan waktunya tapi “Saya rasa itu yang terbaik yang kami miliki.”

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez mengincar pole perdana dalam kariernya setelah tampil tercepat di sesi latihan tapi harus puas dengan posisi start ketiga di grid.

BACA JUGA  Hamilton Samai Rekor Michael Schumacher

LEAVE A REPLY