Ilustrasi propolis lebah. (Foto: naturallivingideas.com)

ZNEWS.ID JAKARTA – Propolis lebah atau dikenal sebagai lem lebah merupakan zat resin lengket yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon. Propolis ini banyak digunakan sebagai obat karena memiliki nutrisi dan manfaat kesehatan.

Mengutip Boldsky, Minggu (24/10/2021), lem lebah merupakan zat padat, namun jika dipanaskan menjadi lunak, elastis, dan sangat lengket. Warna propolis bervariasi tergantung pada dari pohon mana lebah tersebut mengumpulkan resin.

Propolis mentah mengandung sekitar 50 persen resin (termasuk flavonoid dan asam fenolik), 10 persen minyak atsiri, 30 persen bahan lilin, 5 persen serbuk sari, dan sisanya 5 persen berbagai senyawa organik. Ada sekitar 12 flavonoid penting dalam propolis dan beberapa di antaranya adalah luteolin, catechin, kaempferol dan quercetin.

Dua asam fenolik penting dalam propolis adalah asam sinamat dan caffeic. Propolis lebah mengandung lebih dari 300 senyawa yang meliputi, polifenol, asam sinamat, asam benzoat, benzaldehida, tokoferol, asam diterpenat, keton, terpen, mineral, asam amino, sterol, senyawa heteroaromatik dan turunan dari senyawa tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa mineral penting termasuk magnesium, natrium, kalium, mangan, besi, seng dan tembaga. Sedangkan, vitamin yang dikandungnya adalah vitamin C, E, B1, B2 dan B6. Resveratrol, polifenol penting juga ditemukan dalam propolis lebah.

Berikut ini adalah manfaat propolis lebah untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Propolis lebah memiliki efek imunomodulasi yang membantu meningkatkan kekebalan serta mengobati banyak gangguan terkait kekebalan.

Propolis lebah juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih, membangkitkan antibodi penetral yang lebih tinggi, meningkatkan penggandaan sel B dan T, menginduksi perlindungan dini, dan memberikan efek perlindungan ketika digunakan sebagai bahan vaksin. Hal ini bisa jadi karena adanya senyawa fenolik yang tinggi dalam propolis lebah.

BACA JUGA  10 Khasiat Kelengkeng, Meningkatkan Daya Ingat hingga Melindungi dari Penyakit Kronis

LEAVE A REPLY