LPM Dompet Dhuafa Ajak Penyandang Disabilitas Mental Tamasya ke Kebun Raya Bogor

ZNEWS.ID BOGOR – Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa mengajak para penyandang disabilitas mental bertamasya ke Kebun Raya Bogor, pada Sabtu (16/10/2021). Sebanyak 14 orang penyandang disabilitas mental diajak melakukan kegiatan seperti melukis, permainan untuk mengasah fokus, dan bertamasya menggunakan bus keliling kebun raya.

Dalam keterangannya, Kepala LPM Dompet Dhuafa, M Noor Awaluddin Asjhar, mengajak para pasien penyandang disabilitas mental untuk melakukan kegiatan positif yang dikemas dalam bentuk rekreasi.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program untuk memberikan layanan dan edukasi terhadap penyandang disabilitas mental yang sudah lama dikelola LPM Dompet Dhuafa.

LPM Dompet Dhuafa Ajak Penyandang Disabilitas Mental Tamasya ke Kebun Raya Bogor

Menurut Awaluddin, dalam upaya penyembuhan, penyandang disabilitas harus disibukkan dengan berbagai kegiatan positif dan menyenangkan.

“Kami terus melakukan pembinaan dari mulai penyembuhan dan pendampingan ketika mereka kembali kepada keluarga serta masyarakat. Tentunya, ini merupakan tantangan besar. Namun, kolaborasi dengan berbagai pihak menjadikan program ini mampu bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujarnya.

LPM Dompet Dhuafa Ajak Penyandang Disabilitas Mental Tamasya ke Kebun Raya Bogor

Lebih lanjut, Awaluddin mengatakan bahwa kegiatan outdoor semacam ini juga bentuk edukasi kepada masyarakat luas bahwasanya para pasien penyandang disabilitas mental tidak seperti stigma selama ini, yang harus di takuti dan dikucilkan.

“Mereka juga manusia yang sama seperti lainnya yang membutuhkan bantuan untuk sembuh dari penyakit mental tersebut. Harapannya, ketika para pasien sudah sembuh, dapat dengan mudah bersosialisasi di masyarakat tanpa adanya diskriminasi dan mampu berdaya. Lihat mereka sebagai sesama manusia yang juga butuh kasih sayang dan perhatian,” tuturnya.

BACA JUGA  Kisah Putra dan Cahaya, Jadi Yatim Piatu Setelah Ayah Ibu Meninggal Hampir Bersamaan

LEAVE A REPLY