Ilustrasi sakit kepala. (Foto: iStockphoto)

ZNEWS.ID JAKARTA – Dokter Riana Nirmala Wijaya dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menjelaskan serba serbi seputar sakit kepala mulai dari jenis, durasi normal, makanan pemicu hingga solusi.

Riana mengatakan bahwa beberapa bulan terakhir, 8 dari 10 orang di Indonesia pernah mengalami sakit kepala. Sakit kepala tipe tegang merupakan jenis yang paling umum.

“Jenis sakit kepala ada primer dan sekunder. Yang primer adalah sakit kepala tegang, migrain, dan cluster,” kata Riana dalam konferensi pers daring, Sabtu (23/10/2021).

Sakit kepala tegang membuat kepala terasa tegang, sakit bagai diikat. Biasanya rasa nyeri ada di dua sisi. Sakit kepala yang bisa terjadi berulang ini menimbulkan nyeri “tumpul” yang tidak berdenyut-denyut.

“Jenis sakit kepala ini yang sering terjadi hingga pada 42 persen populasi,” kata Riana.

Sakit kepala tegang yang wajar bisa berlangsung hingga empat jam. Segera periksakan diri ke dokter bila tak kunjung sembuh setelah meminum obat dan sakitnya berulang-ulang, serta berlangsung terlalu lama.

Jenis kedua adalah sakit kepala migrain yang umumnya terjadi pada satu sisi. Dibandingkan sakit kepala tegang, migrain terasa nyeri dan menusuk-nusuk.

BACA JUGA  Mengatasi Sakit Kepala akibat Menatap Layar Gawai Terlalu lama

LEAVE A REPLY