Ilustrasi penyebab lidah berwarna putih. (Foto: YouTube.com/babycenter)

ZNEWS.ID JAKARTA – Tidak semua lidah putih terlihat persis sama. Terkadang tampak seperti lapisan putih tebal di lidah yang tetap menempel bahkan setelah disikat, bisa juga membentuk pola seperti renda tipis.

Warna putih dapat menutupi seluruh lidah menyisakan bagian belakang lidah Anda. Atau, dapat muncul di bintik lidah.

Menurut pakar kesehatan di Cleveland Clinic, lidah putih bisa disertai dengan rasa tidak enak di mulut dan bau mulut karena papila yang terangkat. Papila yang terangkat menciptakan area permukaan yang lebih besar untuk makanan, plak, dan bakteri menumpuk di mulut yang mengarah pada bau mulut.

Pakar periodonti di California, Michael Nguyen, DDS, seperti dikutip dari Health, Jumat (22/10/2021), mengatakan bahwa lidah putih tidak terlihat persis sama, kondisi ini juga tak selalu disebabkan hal yang sama.

Tetapi, kata dia, sebagian besar lidah putih terjadi ketika bakteri, makanan, dan sel-sel kulit mati terperangkap di antara papila di permukaan lidah, menyebabkan papila membengkak, dan munculnya warna putih di lidah.

Selain itu, ada beberapa kemungkinan penyebab lain di balik lidah putih antara lain cedera lidah, leukoplakia yakni kondisi ada bercak putih tebal muncul di lidah, sariawan mulut atau infeksi jamur yang terjadi di mulut, sifilis yakni infeksi bakteri menular seksual yang dapat meninggalkan lesi oral di beberapa area termasuk lidah, bibir, dan kanker mulut.

Menjaga kebersihan mulut bisa menjadi cara mengatasi lidah putih. Namun, jika tidak hilang dalam waktu seminggu, kondisi ini kemudian menyebabkan begitu banyak rasa sakit.

BACA JUGA  Waspadai Infeksi Jamur saat Jalan-Jalan di Musim Hujan

LEAVE A REPLY