Ilustrasi telur. (Foto: Pexels.com/Krisztina Papp)

ZNEWS.ID JAKARTA – Telur menjadi pilihan menu sarapan praktis yang populer bagi sebagian orang. Penyajiannya pun mudah, mulai dari direbus, dibuat orak-arik, hingga omelet.

Pakar nutrisi asal India, Nmami Agarwal, mengatakan bahwa sebagian besar nutrisi dalam telur ada di kuning telur. Menurut Agarwal, menyantap putih telur dan kuning telur bersama-sama secara utuh memberikan keseimbangan protein, lemak, dan kalori yang tepat.

Seperti dikutip dari Indian Express, Kamis (21/10/2021), Agarwal menyebut bahwa cara ini memungkinkan kebanyakan orang merasa lebih kenyang dan lebih puas setelah makan telur.

Telur memang dianggap sebagai makanan super. Pakar gizi sekaligus founder Nutracy Lifestyle, Dr Rohini Patil, menuturkan zat gizi di dalam telur antara lain vitamin A (6 persen), vitamin B5 (7 persen), vitamin B12 (9 persen), fosfor (9 persen), vitamin B2 (15 persen) dan selenium (22 persen).

Selain itu, telur juga mengandung karbohidrat (0,6 gram), lemak total (1,6 gram), lemak jenuh (1,6 gram), protein (6,3 gram) dan kolesterol (212 mg).

Jadi, salah satu kesalahpahaman umum terkait telur yakni protein hanya ditemukan dalam putih telur. Padahal, hampir setengah dari kandungan protein telur berasal dari kuning telur.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah menikmati telur utuh untuk mendapatkan manfaat dari protein dan nutrisi yang ditawarkan telur.

Editor: Agus Wahyudi
Sumber: Antara

BACA JUGA  Nutrisi Tepat untuk Sahur dan Buka Puasa

LEAVE A REPLY